Sabtu, 13 Agustus 2016

Menulis bareng FAM Indonesia


Agustus 2015 lalu, salah satu forum nasional menulis yang bernama Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia mengadakan event mengenai proses kreatif dan perjuangan para penulis pemula yang ada di Indonesia. Sudah menjadi agenda tahunan tentunya, FAM Indonesia mengadakan event yang bertajuk Ensiklopedi Penulis Indonesia versi FAM Indonesia. Saya membaca berita itu, dan menyambangi hampir tiap hari websitenya. Persiapan yang saya lakukan kira-kira dua sampai tiga minggu dengan menggarap sebuah konsep tulisan yang sederhana. Berhubung karena ini seperti menulis biografi sendiri, jadi saya berpikir hal ini tidak terlampau sulit selagi kita melakukannya dengan jujur dan berani berkata apa adanya. Selain biaya administrasi yang mesti dikeluarkan oleh setiap calon penulis yang namanya hendak tercantum dalam ensiklopedi tersebut, kami juga harus tetap intens terhubung dengan baik oleh pihak FAM Indonesia, khususnya sebelum dan ketika proses penyuntingan.




Akhirnya, termaktup 16 nama penulis yang akan menghiasi buku ensiklopedi penulis Indonesia untuk edisi jilid 5. Proses demi proses pun dilalui dengan sangat mudah, hampir tak ada didapati masalah yang berarti. Akhir September 2015, buku ensiklopedi penulis Indonesia jilid 5 berhasil mendarat di kediaman saya sore itu. Terima kasih Bang Muhammad Subhan sekaligus sebagai penanggungjawab FAM Indonesia, begitupun Mbak Aliya Nurlela selaku sekjend FAM Indonesia yang sempat beberapa bulan yang lalu menjadikan saya sebagai salah satu penulis dalam antologi cerpen Separuh Hati yang Sunyi, FAM Indonesia 2015 dalam project menulis cerpen bareng sekjend FAM Indonesia. Terima kasih juga kepada mas-mas redaktur yang selalu sabar dan setia menangani tiap lembar-lembar naskah yang ada. Beginilah penampakan sampul kedua buku yang sempat saya ikuti setahun yang lalu. Terima kasih

Share: